Layanan Mahasiswa

Layanan
Bimbingan dan konseling
Bentuk Kegiatan :Layanan konsultasi mahasiswa terkait permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan masalah  pribadi,keluarga dan akademik secara  kolektif diberikan kesempatan untuk berkonsultasi.Pelaksanaannya: dilaksnakan oleh Dosen Penasehat Akademik (PA)  terhadap mahasiswa yang bermasalah dan secara periodik dengan memonitoring KHS Mahasiswa, sehingga kemudian dapat diambil kebijakan terhadap mahasiswa yang bermasalah Hasilnya: mahasiswa mendapatkan solusi  pemecahan masalah yang dihadapinya,serta  dapa meningkatkan prestasi  Akademiknya.  
Minat dan bakat (Ekstra Kurikuler)
Bentuk Kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPro) Pendidkan Kewarganegaraan. Pelaksanaan : Fokus kegiatan HMPro mengarah pada kegiatan yang menunjang keorganisasian dan akademik. Kegiatan yang dilaksanakan HMPro di antaranya adalah: Latihan Kepemimpinan, diskusi aktual terkait fenomena sosial, pembentukan karakter melalui gerakan-gerakan  sosial, seminar akademik dll. (Dokumentasi dapat dilihat pada Gambar 1 dan Gambar 2) Hasil : Mahasiswa mampu melakukan pengkaderan dan bernegosiasi, serta mahasiswa mampu menyelenggarakanberbagai kegiatan ilmiah hingga pada aktualisasi gerakan kepedulian sosial dalam menyikapi fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat.   UKM Pramuka Pelaksanaan : Pelaksanaan UKM pramuka dilakukan sebanyak 1 kali dalam 1 minggu di setiap semester. UKM peramuka kemudian menjadi prasyarat untuk mengikuti mata kuliah kepanduan. Hasil : Mahasiswa memiliki kompetensi di bidang kepramukaan yang ilmunya bisa diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat UKM Olahraga dan Kesenian Pelaksanaan Dalam setiap Unit Kegitan dibina oleh dosen yang mempunyai spesialisasi masing – masing cabang tersebut, seperti:  Sepak Bola, dilaksanakan latihan setiap minggu atau menjelang pertandingan dan mengikuti pertandingan   Futsal, dilaksanakan latihan di lapangan futsal “Komodo” setiap minggu atau menjelang pertandingan dan mengikuti pertandingan baik persahabatan maupun even penuhVolyball, dilaksanakan latihan menjelang pertandinganSeni Musik ( Group Musik Kampung “DALA GETE”Teater ( Teater “ DALA” )   Hasil: Terjalin keakraban antara mahasiswa baik internal program studi maupun antara sesama program studi.Terjalin keakraban dengan mahasiswa perguruan tinggi lainDapat memperkenalkan IKIPMu melalui pentas seni musik dan teaterMendapatkan kejuaraanUKM Mapala IKIPMu Pelaksanaan Mahasiswa prodi PKn bersama prodi lain yang tergabung dalam Mapala IKIPMu melakukan kegiatan penjelajahan sekaligus melakukan penghijauan pada kawasan rawan bencana pada setiap liburan semester. Hasil Mahasiswa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, mengurangi terjadinya bahaya longsor atau abrasi Kerjasama yang dilakukan dengan UPT Kehutanan, menumbuhkan kepercayaan pemerintah dan masyarakat bahwa mahasiswa adalah pencinta lingkungan. UKM Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pelaksanaan: Kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pengkaderan dan kepemimpinan melalui kegiatan Masa Ta’ruh Mahasiswa Baru, Latihan kepemimpinan melalui Darul Arqam Dasar dan Darul Arqam Lanjutan, Penggalangan dana bagi korman bencana alam, Kegiatan musyawarah dan seminar Hasil: Mahasiswa mampu melaksanakan berbagai kegiatan ilmiah berupa seminar, workshop dalam rangka meningkatkan kemampuan manajerialPengkaderan sehingga terbentuknya akademisi yang berakhlak mulia dan memiliki nilai kepedulian sosial terhadap sesama.
Pembinaan soft skills
Bentuk Kegiatan Masa Ta’aruf Mahasiswa Pelaksanaan : Masa Ta’aruf dikhususkan untuk mahasiswa baru IKIP Muhammadiyah Maumere yang beragama Islam. Masa Ta’aruf dilaksanakan tepat setelah OKK yaitu 1 kali setiap 1 tahun akademik. Hasil : Mahasiswa lebih mengenal Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Bentuk Kegiatan Darul Aqram Dasar (DAD) Kegiatan Pengkaderan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tingkat Istitut. Pelaksanaan : DAD dikhususkan untuk mahasiswa baru IKIP Muhammadiyah Maumere yang beragama Islam. DAD dilaksanakan setiap awal tahun akademik. Hasil : Membentuk karakter dan kepribadian serta mutumahasiswa dengan internalisasi dasar – dasar Islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitas. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengantar mahasiswa mengenal dan mengetahui fungsi dn tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa baik secara akademik maupun secara sosial khususnya sebagai mahasiswa di IKIP Muhammadiyah Maumere. Adanya pengkaderan ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Bentuk Kegiatan : Latihan Dasar Kepimpinan (LDK) tingkat Institut. Pelaksanaan : Setiap awal tahun akademik Hasil : Mahasiswa bisa melatih diri untuk menjadi pemimpin. Minimal, menjadi pemimpin dirinya sendiri, dengan pola pengaturan waktu belajar. Tak kalah penting selain berjiwa pemimpin, mahasiswa baru juga ditekankan untuk mampu bersaing dan mengembangkan ilmu dan kreativitasnya.
Beasiswa
Pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi dan dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dari berbagai sumber seperti Bidikmisi dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan bantuan Pemerintah Daerah Pelaksanaan: Beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi berdasarkan perolehan indeks prestasi komulatif (IPK) ≥ 3,50. Beasiswa pendidikan miskin berprestasi BIDIKMISI diberikan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan oleh Kementrian Keuangan RI,
Kesehatan
Bentuk Kegiatan : Penyuluhan : Pergaulan bebas dan Aborsi, Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS.Layanan kesehatan insidental Pelaksanaan : Penyuluhan dilaksanakan sesuai jadwal, sedangkan layanan insidental diberikan antara lain pada saat acara – acara resmi institusi. Hasil : Bertambahnya wawasan yang diperoleh mahasiswa dalam bidang kajian kewarganegaraan khususnya pengamalan sila-sila di dalam pancasila karena kesehatan melekat erat dengan perilaku setiap warga negara dan diharapkan mampu mengaktualisasikan wawasan tersebut dalam pola interaksi di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Pelatihan Kader Muhammadiyah
Bentuk kegiatannya adalah Masa Ta’aruf (MATAF), baitul arqam, Darul Arqam Nasyiatul Aisyiyah (DANA), dan Darul Arqam Dasar (DAD) yang dilaksanakan minimal 3 hari. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penanaman ideologi muhammadiyah serta membangun kesadaran bermuhammadiyah dan bermasyarakat bagi kader, simpatisan dan anggota muhammadiyah.
Kemanusiaan
Bentuk kegiatannya berupa donor darah. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepeduliaan Mahasiswa pra wisuda terhadap sesama yang membutuhkan donor darah. Pelaksanaanya dilakukan tingkat prodi dengan cara mewajibkan seluruh mahasiswa/i yang akan diwisudakan untuk ikut donor darah. Selain itu juga menghadirkan tim dari PMI untuk memfasilitasi kegiatan donor darah.
Lingkungan
Bentuk kegiatannya berupa: Membersihkan Pasar AlokMembersihkan tugu Tsunami Pusat Kota MaumereMenanam Pohon bekerjasama dengan Koramil Kabupaten Sikka     Tujuannya: Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu juga bagi diri mahasiswa diharapkan mampu membangun dirinya sebagai agen peruhan dalam dirinya untuk mencintai lingkungannya. Mengurangi panas global yang akhir-akhir ini menjadi tema sentral untuk dibicarakan. Hasil dari kegiatan ini berupa sampah-sampah sekitaran pasar alok dan tugu Tsunami berkurang. Selain itu juga lima ratusan anakan pohon tertanam disepanjang rumah jabatan bupati Sikka dan pertokoan Maumere. Kegiatan ini bekerjasama dengan dinas lingkungan kabupaten Sikka. Waktu pelaksanaanya terjadi setiap tahun dan dijadikan sebagai kegiatan wajib bagi para mahasiwa yang akan diwisudakan.